Research

STRATEGI PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT (STUDI KASUS PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI ARS UNIVERSITY)

Maxsi Ary, Rangga Sanjaya


Abstrak

Dalam upaya melakukan perbaikan secara berkelanjutan serta membangun budaya mutu di perguruan tinggi, khususnya dalam penyelengaraan dan pengembangan program studi, setiap perguruan tinggi perlu untuk menyusun strategi perencanaan dan pengembangan program studi. Strategi perencanaan dan pengembangan program studi merupakan salah satu unsur penting dalam penilaian akreditasi program studi untuk menentukan kelayakan program studi yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis situasi dengan menggunakan analisis SWOT berdasarkan pada indikator kinerja Unit Pengelola Program Studi (UPPS) dan program studi. Analisis data disajikan dalam matriks Evaluasi Faktor Internal (IFE) dan Evaluasi Faktor Eksternal (EFE). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur posisi keberadaan program studi pada matriks Internal Eksternal (IE), sehingga dapat dijadikan landasan dalam merumuskan strategi pengembangan program studi. Hasil pengukuran matriks IE menunjukkan bahwa program studi sistem informasi ARS University berada pada posisi growth (sel I), dengan hasil IFE sebesar 3.2 dan matriks EFE sebesar 3.045. Strategi perencanaan dan pengembangan program studi sistem informasi ARS University berdasarkan hasil analisis berfokus pada 4 (empat) aktivitas yaitu pengembangan program studi, penetrasi program studi, integrasi, dan pengembangan produk.

Keywords: strategi keberlanjutan, pengembangan program studi, analisis SWOT, matriks internal eksternal


Ary, M. & Sanjaya, R. (2020). Strategi Perencanaan dan Pengembangan Program Studi Menggunakan Analisis SWOT (Studi Kasus Program Studi Sistem Informasi ARS University). Jurnal Tekno Insentif, Vol.14 No.1 (2020), 1-8.

Tipe : Jurnal
Tahun : 2020
Volume : 14
Nomor : 1
Halaman : 1-8
Penerbit : Jurnal Tekno Insentif
Kota : Kota Bandung
Negara : Indonesia
ISSN : 1907-4964
e-ISSN : 2655-089X
DOI : https://doi.org/10.36787/jti.v14i1.198
URL : https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnaltekno/article/view/198